Kebiasaan ini Bisa Memicu Jerawat Meradang, Hindari!

Diposting pada 2024-04-02 11:16:54
Penyebab Jerawat

Kusuma Beauty – Jerawat merupakan permasalahan umum yang kerap kali terjadi pada wajah. Hal ini terjadi karena produksi minyak berlebih pada wajah. Penumpukan dan penyumbatan kelenjar minyak di kulit akan menimbulkan komedo, hingga akhirnya menyebakan jerawat. 

 

Selain kadar minyak berlebih di wajah, masalah jerawat juga dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan buruk ini jika terus dilakukan secara berulang, dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Lantas, apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

 

Jarang Mencuci muka

Kebiasaan pertama yang dapat menyebabkan wajah berjerawat adalah jarangnya mencuci muka. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penumpukan kotoran di wajah yang menghambat keluarnya minyak sehingga terjadilah komedo. 

 

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah yang tepat setidaknya dua kali dalam sehari. Usap wajah dengan lembut secara perlahan dan bilas sisa sabun hingga bersih. Anda bisa menggunakan Facial Wash Reviving untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

 

Konsumsi Gula Secara Berlebihan

Makanan manis memang menambah nafsu makan. Kendati begitu, konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih dapat memicu timbulnya jerawat. 

 

Kandungan insulin pada gula dapat membuat hormon androgen di dalam tubuh menjadi lebih aktif sehingga meningkatkan produksi sebum pada kulit. Beberapa contoh makanan dengan kadar gula yang tinggi adalah permen, minuman kemasan, dan beragam jenis kue. Kurangi makan makanan ini.

 

Konsumsi Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Obat-obatan tersebut yang mengandung senyawa kortikosteroid, testosteron, serta lithium. Kandungan kimia tersebut dapat mempengaruhi kadar hormon pada tubuh sehingga memicu jerawat timbul.

 

Kebiasaan Merokok

Beragam macam bahan kimia yang dihirup dari asap rokok tak hanya merusak organ tubuh bagian dalam saja, tetapi juga dapat merusak kulit. Racun yang terkandung dalam rokok dapat mengubah komposisi dan kepadatan minyak di dalam kulit.

 

Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga memicu jerawat tumbuh disertai komedo hitam dan putih.

 

Stres yang Tak Terkendali

Jerawat timbul juga dapat dipicu oleh stres yang tidak terkendali. Sebab tingkat stres yang tinggi dan berkepanjangan dapat membuat perubahan pada otak dan menganggu perubahan kimia pada tubuh.

 

Selain itu, stres juga bisa membuat produksi minyak pada kulit meningkat sehingga menyebaban pori-pori tersumbat. Hal ini dikarenakan stres membuat tubuh melepaskan sejumlah besar hormon koristol ke aliran darah, yang mana hormon ini berfungsi untuk memperingati tubuh untuk mengeluarkan minyak dari kelenjar sebaceous.

 

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu timbulnya jerawat. Apabila jerawat tak kunjung hilang meski telah menghentikan kebiasaan buruk ini, Anda bisa berkonsultasi langsung ke KUSUMA BEAUTY CLINIC

kusuma beauty clinic