Antara Physical Peeling atau Chemical Peeling, Mana yang Paling Bagus?

Diposting pada 2024-04-03 10:39:27
Peeling

Kusuma Beauty – Peeling atau eksfoliasi kini menjadi treatment favorit kebanyakan orang setelah facial. Perawatan ini sangat sederhana namun ampuh untuk memperbaiki beberapa masalah kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Peeling dapat dibagi berdasarkan jenis tindakan yang dilakukan, yakni physical peeling dan chemical peeling.

Kedua jenis peeling ini memiliki karakteristik prosedur perawatan berbeda. Manakah yang lebih bagus diantara keduanya?

Physical Peeling

Physical Peeling merupakan salah satu metode eksfoliasi kulit yang melibatkan penggunaan bahan abrasif atau alat mekanis untuk secara Peeling  mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Nama lain yang lebih popular untuk physical peeling adalah perawatan mikrodermabrasi. 

Treatment ini cocok digunakan untuk kondisi kulit wajah normal hingga berminyak, baik untuk keadaan kulit dengan bekas jerawat atau memiliki noda hitam. Perawatan ini tidak disarankan untuk dilakukan pada kulit sensitif dan kulit berjerawat.

Chemical Peeling

Chemical peeling menggunakan bahan kimia seperti asam hidroksi untuk eksfoliasi kulit. Asam yang sering digunakan mencakup asam alpha hydroxy (AHA), asam beta hydroxy (BHA), atau asam trichloroacetic (TCA) untuk mengangkat lapisan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Treatment ini cocok dilakukan untuk kondisi kulit berminyak dan kering serta cocok untuk kulit yang memiliki masalah seperti jerawat dan hiperpigmentasi. Chemical peeling juga dapat mengurangi keriput halus dan mengencangkan kulit.

Manfaat Kedua Chemical dan Physical Peeling

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati 

Baik physical maupun chemical peeling, keduanya mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit wajah terlihat lebih bersinar.

Merangsang Regenerasi Kulit

Seiring dengan hilang lapisan kulit mati, tubuh akan memberikan signal pada kulit untuk memproduksi sel kulit baru secepatnya. Ini merupakan mekanisme natural pada tubuh manusia.

Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati, produk perawatan kulit dapat menembus kulit dengan lebih efektif. Segala kebaikan dan bahan aktif dari produk skin care dapat diserap dengan baik oleh kulit.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati, kedua jenis peeling ini dapat membantu mencegah masalah kulit seperti pori-pori tersumbat, jerawat, dan hiperpigmentasi. Keadaan ini membantu menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan bebas dari berbagai masalah kulit yang umum.

Mengurangi Hiperpigmentasi

Peeling  dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit. Noda hitam yang terletak pada lapisan kulit atas, dapat terkikis bertahap dengan melakukan peeling beberapa kali. 

Memperbaiki Tekstur Kulit

Perawatan teratur dapat memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata serta meningkatkan kekenyalan kulit, sehingga kulit akan terasa lebih halus dan lebih lembut.

Mengurangi Jerawat (khusus chemical peeling)

Bahan yang digunakan untuk chemical peeling dapat membantu mengeringkan jerawat, mengurangi radang, dan memudarkan bekas jerawat.

Mengurangi Tanda Penuaan

Suatu jenis chemical peeling (deep peeling) dapat mencapai lapisan kulit lebih dalam dan merangsang produksi kolagen dan elastin. Tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan dapat memudar, kulit akan terlihat lebih muda dan segar.

Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Hilangnya lapisan kulit mati menyebabkan penyerapan skincare yang lebih baik pada kulit. Perlu diperhatikan terdapat beberapa kosmetik yang sebaiknya tidak dioles setelah peeling.

 

Keseluruhan efek dari Peeling adalah membuat kulit terlihat lebih sehat, lebih cerah, dan lebih berseri. Keadaan Ini membantu meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan tampilan yang lebih muda dan segar.

Kesimpulan

Physical peeling dan chemical peeling memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan antara kedua perawatan ini tergantung pada keinginan pribadi, kondisi kulit, serta tujuan perawatan kulit Anda. Konsultasikan keadaan kulit anda ke KUSUMA BEAUTY CLINIC secara GRATIS untuk menentukan jenis Peeling apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. (WHATSSAP CS)

 

 

 

kusuma beauty clinic